Jumat, 02 Juni 2017

SIMPUS (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS)



v  Pengertian sistem informasi manajemen puskesmas

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) adalah sebuah sistem Informasi yang terintegrasi dan didesain multi user yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen puskesmas. Dalam implementasinya, Digital Sense telah merilis dua versi sekaligus yaitu berbasis desktop (OS Windows) dan berbasis web (OS Open Source). SIMPUSini terdiri atas berbagai modul yaitu: Admin Sistem (manajemen user), Loket, Poli BP/umum, Poli Gigi, Lab/Radiologi, Apotek, Poli KIA, UGD, Rawat Inap, Kegiatan Luar Gedung/UKM, Pojok Gizi, Pelayanan KB, Manajemen Aset, dan Kepegawaian. Memungkinkan koneksi online Dinas Kesehatan ke Puskesmas/Pustu secara real time. Ditunjang dengan berbagai macam fitur yang memudahkan penggunan  (user), antara lain:
  • Tata tampilan tab view menarik
  • Mudah digunakan (User friendly)
  • Laporan lengkap (administrasi ke dinas)
  • Output bisa convert excel dan pdf
  • Fasilitas pencarian data pasien
  • Fasilitas auto backup data



Ø  Mengapa Harus SIMPUS ?
Indonesia bersama negara-negara sedunia telah menyepakati tujuan pembangunan milinium atau yang dikenal denganMillenium Development Goals (MDGs). Sedikitnya ada lima goal dari delapan goal MDGs yang bersentuhan langsung dengan bidang kesehatan. Penanggulangan kelaparan dan gizi buruk, penurunan angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, Malaria dan penyakit menular lainnya dan menjaga kesehatan lingkungan. Dengan demikian bidang kesehatan secara luas menjadi tumpuan dari pencapaian MDGs.
Di indonesia, penguatan peran bidang kesehatan menjadi andalan program pembangunan di samping bidang pendidikan. Dalam hal ini penguatan peran Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat menjadi fokus utama program-program kesehatan pemerintah.
Dengan semakin pesatnya pertumbuhan penduduk, kompleksitas masalah kesehatan masyarakat, dan tuntutan akan pencapaian MDGs maka diperlukan sebuah upaya yang sistematis di bidang kesehatan, salah satunya dengan menjamin ketersediaan data kesehatan masyarakat guna melakukan pengukuran kinerja dan perumusan kebijakan. Dalam konteks ini maka pemanfaatan teknologi informasi guna menunjang pelayanan kesehatan menjadi tidak dapat dihindarkan. Dalam era digital seperti sekarang, pemanfaatan teknologi informasi tidak lagi menjadi added value namun sudah menjadi standart value. Maka implementasi SIMPUS menjadi solusi tepat untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan.

Ø  Spesifikasi SIMPUS
1. SIMPUS versi Desktop
Spesifikasi teknis:
·         Platform Under Windows
·         OS Windows
·         Pemrograman Visual Basic untuk interface
·         Database MySQL
2. SIMPUS versi Web (Web Based)
Spesifikasi teknis:
·         Platform Open Source
·         OS  (Linux/Windows)
·         Pemrograman PHP untuk interface
·         Database MySQL
Fitur Unggulan
  • Tata tampilan gambar view tab yang menarik ( berbasis GUI / Graphical User Interface) dan user friendly

Tampilan Menu KIA Simpus Web Based
  • Fasilitas entri data kegiatan pelayanan Puskesmas baik dalam maupun luar gedung (laporan/output bisa disatukan sesuai kebutuhan)
  • Fasilitas pencarian pasien, cetak Buku Pasien, Paper pasien dan Kartu Pasien, cetak Surat Keterangan (sakit,sehat dan Kematian), cetak Surat Rujukan RS (Umum, ASKES, ASKESKIN)
  • Fasilitas pencarian pasien secara cepat

Fasilitas untuk mencari data pasien, dengan fasilitas ini registrasi pasien bisa dilakukandengan cepat, kurang dari 1 menit.
  • Fasilitas view dan cetak rekam medik pasien

Detil Riwayat Pasien Simpus
  • Diagnosa (dx) penyakit sudah menggunakan ICD X
  • Fasilitas warning untuk alergi

Daftar 10 Penyakit Terbesar
  • Database obat lengkap (bisa ditambahkan sendiri) baik obat dari Dinas maupun Swadaya
  • Fasilitas Pembuatan resep Obat bisa dalam bentuk Puyer
  • Fasilitas Perhitungan stok opname dan LPLPO Obat/alkes dilakukan secara otomatis, sesuai dengan penggunaannya.

Menu laporan apotek: LPLPO, lap bulanan pemakaian, lap resep, stok terkini, kompilasi data peresapan
  • Menyediakan output laporan yang diperlukan untuk Administrasi Ke Dinas (bulanan dan tahunan)
  • Laporan bisa dalam bentuk grafik dan peta visual (contoh: Peta penyebaran Penyakit dan Grafik Pemantauan Kasus)

Grafik Pemantauan Kasus Simpus
  • Fasilitas transfer data ke dinas (bisa melalui perangkat jaringan maupun Flashdisk)
  • Laporan bisa difilter berdasarkan kategori-kategori sesuai kebutuhan
  • Fasilitas Laporan bisa di-convert dalam bentuk data MS-Excell dan Pdf
  • Fasilitas Backup Data Otomatis (Auto Backup)
  • Fasilitas Integrasi Data seluruh puskesmas ke Dinas Kesehatan

Menu Integrasi Data di Dinas Kesehatan
Ruang Lingkup SIMPUS
  • Admin Sistem (manajemen user)
  • Modul Registrasi Loket
  • Modul Pelayanan Poli Umum/BP
  • Modul Pelayanan Poli Gigi
  • Modul Pelayanan Poli KIA
  • Modul Pelayanan Unit Apotek
  • Modul Pelayanan Unit Laboratorium/Radiologi
  • Modul Pelayanan UGD (untuk Puskesmas Perawatan)
  • Modul Pelayanan Rawat Inap
  • Modul Pelayanan Poli Mata
  • Modul Aset/Inventory Puskesmas
  • Modul Kepegawaian
  • Modul Administrasi (pencetakan surat Keterangan/Rujukan & Laporan Puskesmas)
  • Modul Kegiatan Luar Gedung / UKM (Posyandu Lansia, Posyandu anak, Imunisasi, Sanitasi Lingkungan, Pelayanan Gizi, P2P, Kesga, Promkes dll)
Jejak SIMPUS
Digital Sense telah menjalin kerjasama dengan beberapa Dinas Kesehatan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan SIMPUS, yaitu:
Simpus Jombang >> Dinas Kesehatan Jombang (34 Puskesmas)
Simpuswangi >> Dinas Kesehatan Banyuwangi (45 Puskesmas)
Simpusmojo >> Dinas Kesehatan Kota Mojokerto (5 Puskesmas, 16 Puskesmas Pembantu)
Simpus Tuban >> Dinas Kesehatan Tuban (6 Puskesmas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar