v Pengertian sistem informasi manajemen puskesmas
Sistem
Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) adalah sebuah sistem Informasi
yang terintegrasi dan didesain multi user yang disiapkan untuk menangani
keseluruhan proses manajemen puskesmas. Dalam implementasinya, Digital
Sense telah merilis dua versi sekaligus yaitu berbasis desktop (OS
Windows) dan berbasis web (OS Open Source). SIMPUSini terdiri atas
berbagai modul yaitu: Admin Sistem (manajemen user), Loket, Poli BP/umum, Poli
Gigi, Lab/Radiologi, Apotek, Poli KIA, UGD, Rawat Inap, Kegiatan Luar Gedung/UKM,
Pojok Gizi, Pelayanan KB, Manajemen Aset, dan Kepegawaian. Memungkinkan koneksi
online Dinas Kesehatan ke Puskesmas/Pustu secara real time. Ditunjang dengan
berbagai macam fitur yang memudahkan penggunan (user), antara lain:
- Tata tampilan tab view menarik
- Mudah digunakan (User friendly)
- Laporan lengkap (administrasi ke dinas)
- Output bisa convert excel dan pdf
- Fasilitas pencarian data pasien
- Fasilitas auto backup data
Ø Mengapa Harus SIMPUS ?
Indonesia bersama negara-negara sedunia telah menyepakati tujuan
pembangunan milinium atau yang dikenal denganMillenium Development Goals (MDGs).
Sedikitnya ada lima goal dari delapan goal MDGs yang bersentuhan langsung
dengan bidang kesehatan. Penanggulangan kelaparan dan gizi buruk, penurunan
angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, Malaria dan
penyakit menular lainnya dan menjaga kesehatan lingkungan. Dengan demikian bidang
kesehatan secara luas menjadi tumpuan dari pencapaian MDGs.
Di indonesia, penguatan peran bidang kesehatan menjadi andalan program
pembangunan di samping bidang pendidikan. Dalam hal ini penguatan peran Puskesmas sebagai
ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat menjadi fokus utama program-program
kesehatan pemerintah.
Dengan semakin pesatnya pertumbuhan penduduk, kompleksitas masalah
kesehatan masyarakat, dan tuntutan akan pencapaian MDGs maka diperlukan sebuah
upaya yang sistematis di bidang kesehatan, salah satunya dengan menjamin
ketersediaan data kesehatan masyarakat guna melakukan pengukuran kinerja dan
perumusan kebijakan. Dalam konteks ini maka pemanfaatan teknologi informasi
guna menunjang pelayanan kesehatan menjadi tidak dapat dihindarkan. Dalam era
digital seperti sekarang, pemanfaatan teknologi informasi tidak lagi
menjadi added value namun sudah menjadi standart value.
Maka implementasi SIMPUS menjadi solusi tepat untuk mendukung peningkatan
pelayanan kesehatan.
Ø Spesifikasi SIMPUS
1. SIMPUS
versi Desktop
Spesifikasi teknis:
·
Platform
Under Windows
·
OS Windows
·
Pemrograman
Visual Basic untuk interface
·
Database
MySQL
2. SIMPUS
versi Web (Web Based)
Spesifikasi teknis:
·
Platform Open
Source
·
OS (Linux/Windows)
·
Pemrograman
PHP untuk interface
·
Database
MySQL
Fitur
Unggulan
- Tata tampilan gambar view tab yang menarik ( berbasis GUI / Graphical User Interface) dan user friendly
Tampilan
Menu KIA Simpus Web Based
- Fasilitas entri data kegiatan pelayanan Puskesmas baik dalam maupun luar gedung (laporan/output bisa disatukan sesuai kebutuhan)
- Fasilitas pencarian pasien, cetak Buku Pasien, Paper pasien dan Kartu Pasien, cetak Surat Keterangan (sakit,sehat dan Kematian), cetak Surat Rujukan RS (Umum, ASKES, ASKESKIN)
- Fasilitas pencarian pasien secara cepat
Fasilitas untuk mencari data pasien,
dengan fasilitas ini registrasi pasien bisa dilakukandengan cepat, kurang dari
1 menit.
- Fasilitas view dan cetak rekam medik pasien
Detil
Riwayat Pasien Simpus
- Diagnosa (dx) penyakit sudah menggunakan ICD X
- Fasilitas warning untuk alergi
Daftar 10
Penyakit Terbesar
- Database obat lengkap (bisa ditambahkan sendiri) baik obat dari Dinas maupun Swadaya
- Fasilitas Pembuatan resep Obat bisa dalam bentuk Puyer
- Fasilitas Perhitungan stok opname dan LPLPO Obat/alkes dilakukan secara otomatis, sesuai dengan penggunaannya.
Menu laporan
apotek: LPLPO, lap bulanan pemakaian, lap resep, stok terkini, kompilasi data
peresapan
- Menyediakan output laporan yang diperlukan untuk Administrasi Ke Dinas (bulanan dan tahunan)
- Laporan bisa dalam bentuk grafik dan peta visual (contoh: Peta penyebaran Penyakit dan Grafik Pemantauan Kasus)
Grafik
Pemantauan Kasus Simpus
- Fasilitas transfer data ke dinas (bisa melalui perangkat jaringan maupun Flashdisk)
- Laporan bisa difilter berdasarkan kategori-kategori sesuai kebutuhan
- Fasilitas Laporan bisa di-convert dalam bentuk data MS-Excell dan Pdf
- Fasilitas Backup Data Otomatis (Auto Backup)
- Fasilitas Integrasi Data seluruh puskesmas ke Dinas Kesehatan
Menu
Integrasi Data di Dinas Kesehatan
Ruang
Lingkup SIMPUS
- Admin Sistem (manajemen user)
- Modul Registrasi Loket
- Modul Pelayanan Poli Umum/BP
- Modul Pelayanan Poli Gigi
- Modul Pelayanan Poli KIA
- Modul Pelayanan Unit Apotek
- Modul Pelayanan Unit Laboratorium/Radiologi
- Modul Pelayanan UGD (untuk Puskesmas Perawatan)
- Modul Pelayanan Rawat Inap
- Modul Pelayanan Poli Mata
- Modul Aset/Inventory Puskesmas
- Modul Kepegawaian
- Modul Administrasi (pencetakan surat Keterangan/Rujukan & Laporan Puskesmas)
- Modul Kegiatan Luar Gedung / UKM (Posyandu Lansia, Posyandu anak, Imunisasi, Sanitasi Lingkungan, Pelayanan Gizi, P2P, Kesga, Promkes dll)
Jejak SIMPUS
Digital
Sense telah menjalin kerjasama dengan beberapa Dinas Kesehatan dalam
mengembangkan dan mengimplementasikan SIMPUS, yaitu:
Simpus
Jombang >> Dinas Kesehatan Jombang (34 Puskesmas)
Simpuswangi >>
Dinas Kesehatan Banyuwangi (45 Puskesmas)
Simpusmojo >>
Dinas Kesehatan Kota Mojokerto (5 Puskesmas, 16 Puskesmas Pembantu)
Simpus
Tuban >> Dinas Kesehatan Tuban (6 Puskesmas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar